Selamat datang di Blog Azwar Muin. Semoga informasi di dalamnya bermanfaat buat Anda dan selamat berjumpa kembali.

Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Elektronik

Setelah sekian lama, tidak traveling, kali ini alhamdulillah mendapatkan kesempatan ke Jogjakarta. Meskipun sudah sering ke kota ini, tapi rasanya ga pernah bosan, ada kesan tersendiri dengan kota ini. Iya, namanya juga Daerah Istimewa Jogjakarta atau sering disebut DIY.

Ini bukan sekedar jalan-jalan yah, tapi mengemban tugas negara mewakili kampus, Fakultas Adab & Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk mengikuti kegiatan workshop pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal elektronik.

Kegiatan ini tepatnya selama 3 hari, Selasa - Kamis, 6 - 8 Agustus 2019 di Hotel Horaios Malioboro Jogjakarta.  Kegiatan ini diadakan oleh Ristekdikti bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia. Materinya sangat padat, dan menurut saya sangat aplikatif, ya karena penuh dengan praktek bagaimana mengelola jurnal berbasis Open Journal System (OJS).  Pesertanya adalah mereka para pengelola jurnal yang kebanyakan dari Ilmu Seni dari berbagai kota di Indonesia yang belum terakreditasi, istilah khususnya belum masuk SINTA atau (Science and Technology Index). Nah, tujuan utama kegiatan workshop ini adalah bagaimana supaya pengelola jurnal segera mempersiapkan segala sesuatunya agar bisa terindeks SINTA. Ada 6 kategori grade di SINTA, yaitu paling tinggi SINTA 1 dan paling rendah SINTA 6. Yang penting masuk SINTA dulu deh meskipun masih rendah, ga masalah, asalkan menyandang status terakreditasi. 

Materi-materinya sangat bagus. Berikut materi yang diberikan saat workshop :

1.     Kebijakan Akreditasi dan Etika Publikasi
2.     Evaluasi Kesiapan Substansi Akreditasi Bidang Keilmuan
3.     Evaluasi Kesiapan Standar dan Manajemen Website
4.     Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional
5.     Bedah Jurnal dan Penilaian Jurnal  

Peserta dengan serius mengikuti rangkaian demi rangkaian materi yang diberikan sekaligus praktek membenahi jurnal yang mereka kelola, sehingga sedikit demi sedikit bisa memenuhi persyaratan untuk mengajukan akreditasi jurnal. Para pematerinya sebagian besar adalah para asesor jurnal, yang terdiri dari asesor bidang keilmuan dan asesor manajemen jurnal. Kami dibekali keterampilan bagaimana agar jurnal yang kami kelola bisa secara maksimal ditingkatkan kualitasnya. Wah, jadi semangat loh para pengelola jurnal. 

Pada kesempatan ini pula, saya membenahi jurnal yang kami kelola di fakultas, yaitu Buletin al-Turas http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats dan jurnal Insaniyat http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/insaniyat/index 

Kegiatan ini hemat saya, sangat bermanfaat, memacu semangat dan juga meningkatkan jaringan kerja sama antar pengelola jurnal khususnya yang memiliki rumpun keilmuan yang sama.  Kegiatan ini perlu terus diadakan secara rutin dan berkala. Dan sekedar saran saja, semoga kegiatan ini ada lanjutannya sehingga pemahaman dan keterampilan mengelola jurnal semakin tinggi. 
Share:

6 komentar:

Sitirohmah mengatakan...

acara workshop seperti ini sangat bagus sekali, semoga saja kegiatan seperti ini sering dilaksanakan dikampus uinjakarta sendiri terkhusus untuk mahasiswa ilmu perpustakaan agar dapat pemahaman tentang pengelolaan jurnal bukan hanya sekedar sebagai user saja tetapi juga dapat belajar mengelola jurnal elektronik untuk kedepannya nanti. 🙏

Mutiah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mutiah mengatakan...


Saya sangat setuju dengan saran bapak tapi lebih baik lagi di adakan di kampus uin Jakarta baik jurusan ipi maupun jurusan lainnya...artikelnya sangat bermanfaat sekali karena di berikan penjelasan yang sangat mudah bagi pembaca terimakasih pak

Sitirohmah mengatakan...

acara workshop seperti ini sangat bagus sekali, semoga saja kegiatan seperti ini sering dilaksanakan dikampus uinjakarta sendiri terkhusus untuk mahasiswa ilmu perpustakaan agar dapat pemahaman tentang pengelolaan jurnal bukan hanya sekedar sebagai user saja tetapi juga dapat belajar mengelola jurnal elektronik untuk kedepannya nanti. ��

husnul wafa mengatakan...

acara workshop seperti ini sangat bagus sekali pak, kita dapat memahami jurnal dengan baik karena kebanyakan dari kita enggan untuk memakai jurnal elektronik karena pengetahuan yang agak kurang diketahui dan sebagai mahasiswa ilmu perpustakaan kita harus bisa melakukan pengolahan dan mengelola nya dengan baik seharusnya.

Raihan Abdillah mengatakan...

Acaranya sangat bagus pak , semoga ilmunya bermanfaat, dan semoga saja acara ini dapat dilaksanakan dikampus kita UIN Jakarta.




Scan QRCode

E-Learning Azwar Muin

Arsip Blog

Enter your email address: